A. PENGERTIAN/DEFINISI KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)
Istilah
komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi
melalui/menggunakan jaringan computer.
Komunikasi dalam jaringan
adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan
dengan atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia biasa
disebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi
dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang
memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan
computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii
mengembangkan teknologi Internet (perangkat komunikasi pada computer) dengan
nama “ALOHA”. Di dalam Internet tersebut ditanam sebuah software yang
didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama
ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang
menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi
dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an ditandai
dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan tahun 1990
dengan munculnya word wide web.
B. JENIS-JENIS KOMUNIKASI JARINGAN
·
Komunikasi dalam Jaringan Sinkron
Adalah komunikasi
dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai media, disebut
dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh komunikasi sinkron
misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc dll), video chat (skype,
line, facetime, google+ hangout, dll).
·
Komunikasi dalam Jaringan Asinkron
Adalah komunikasi
dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron
misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).
Komunikasi
online lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi
melalui jaringan komputer secara sinkron.
C.
TUJUAN
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
a) Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa kesalahan.
b) Dukungan pengendalian jarak jauh, sehingga
memungkinkan pengguna mengendalikan komputer dan perangkat dari jarak jauh.
c) Penggunaan komputer secara terpusat ataupun
tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi
ataupun sentralisasi.
d) Memudahkan
pengelolaan, pengaturan-pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
D.
KOMPONEN
PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
· Hardware/perangkat
keras
Perangkat yang
bentuknya dapat dilihat atau diraba oleh manusia. contoh : komputer, headset,
microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet.
· Software/perangkat
lunak
Program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Contoh : Microsoft word, mozilla firefox,
google chrome, dll. Software digunakan sebagai perantara antara perangkat keras
(hardware) dengan pengguna (brainware).
· Brainware/pengguna
Brainware
adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar